Bulan ini, tepatnya pada tanggal 15 Februari 2011, adalah tepat 12 Rabi-Al-Awwal 1432H pada penanggalan Islam (Hijriah). Pada hari tersebut, seluruh umat Islam pasti merayakan yang namanya maulid Nabi Muhammad SAW.  Berikut ini sekilas tentang maulid Nabi.

Maulid Nabi berasal dari kata (Milad an Nabi) yang artinya kelahiran Nabi. Maulid Nabi memang bukan hari besar Islam kalau dilihat dari pandangan al Quran dan Hadis. Juga, Nabi sendiri pun tidak menganjurkan harinya diperingati. Tetapi, di era kekhalifan juga pernah diadakan peringatan kelahiran Nabi. Untuk itu, sebagai penghormatan, pada hari itulah, kita setidaknya mengingat hari lahirnya Nabi yang kita cintai dan bersholawat kepada beliau. Dan di dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa Allah dan para malaikatnya juga bersholawat kepada Nabi.

Oleh karena itu, sebagai suatu momen penting 12 Rabiul Awwal H, di kampung-kampung banyak yang memperingati hari itu akupun juga memperingati dan kujadijadikan hari itu sebagai hari penting. Di Indonesia sendiri pun hari kelahiran Nabi juga dijadikan sebagai hari libur nasional. Harapanku, di hari libur itu, juga hari-hari selanjutnya, bulan selanjutnya, dan di seluruh hidup kita selanjutnya, kita seterusnya dapat meneladani dan menyikapi hidup kita berdasarkan apa yang diajarkan dan dicontohkan Sang Nabi Kekasih Allah Swt.

Iklan