Islam adalah ajaran yang bersumber dari wahyu Allah SWT yang nilai kebenarannya bersifat mutlak dan tidak perlu kita diragukan lagi. Karena, Islam adalah ajaran yang jika kita dilaksanakan secara istiqamah dalam kehidupan sehari-hari, pasti Islam akan memberikan rahmat, kasih sayang, dan kenyamanan bagi seluruh ummat di dunia ini.

Bukan hanya pada ummat manusia, melainkan Islam juga sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta ini. Betapa tidak, orang yang merusak tanaman dan hewan tanpa alasan yang bisa dipertanggungjawabkan saja, dianggap sebagai orang yang berbuat fasik dan berbuat jahat yang sangat dimurkai Allah SWT . Oleh sebab itu, lslam diciptakan sebagai petunjuk bagi alam semesta ini.

Allah memberi kita akal untuk berpikir, hati  untuk merasa, telinga  untuk mendengar, mulut  untuk berbicara, dan mata untuk melihat. Manusiapun juga diberikan kebebasan untuk memeluk sesuatu agama sesuai dengan keyakinannya tanpa ada paksaan sedikit pun. Pemaksaan hanyalah akan mengundang kebencian Allah SWT. firman-Nya dalam QS 10: 99. “Dan, jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka, apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?”

Ini membuktikan bahwa, umat Islam sangat toleran terhadap penganut agama lain. Bahkan, ketika umat Islam berkuasa seperti pada dinasti Abbasyiah pun, tidak ada yang dipaksa untuk memeluk ajaran Islam. Termasuk di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, malah terkenal sangat toleran pada umat lain, bahkan melindungi mereka.

Jadi toleransi kepada umat lain, bagi umat Islam, merupakan persoalan akidah, bukan persoalan strategi atau berpura-pura untuk mencari kelemahan dan kelengahan umat lain. Karena itu, jika terjadi pertentangan antarumat beragama di Indonesia, dipastikan sumbernya bukan berasal dari umat Islam, melainkan dari umat lain yang sombong,egois serta takabur dengan harta dan kekuasaannya.

Iklan