Zaman dahulu peranan ulama`-ulama`kita sangatlah besar.Banyak ulama`kita yang ahli dalam bidang umum dan sangat diakui di Negara barat. Salah satunya adalah Abu Abdullah Al –Khawarizmi sang penemu bilangan aljabar.Berikut biografi singkat tentang beliau.

AL-Khawarizmi dilahirkan di Khawarizm (Kheva) ,sebelah selatan laut Arai.Tanggal lahirnya tidak diketahui secara pasti namun dapat dipastikan bahwa dia tumbuh pada masa pemerintahan AL-Makmun di Baghdad dari tahun 813-833,dan meninggal sekitar tahun 840M.Khawarizmi adalah seorang ahli matematika ,astronomi, dan geografi. Ia adalah salah satu pakar matematika terbesar yang pernah ada, karena ia menemukan beberapa cabang dan konsep dasar matematika.Menurut sejarawan Philip K Hitti, ia memberikan pengaruh lebih besar terhadap pemikiran matematika dibanding  penulis abad pertengahan lain.Karyanya mengenai aljabar sangat termasyhur,dimana ia tidak hanya mengawali subyek tersebut dalam bentuk sistematis,tetapi juga mengembangkanya hingga tinkat penyelesaian analitis persamaan linear dan kuadrat,yang membuatnya diakui sebagai penemu aljabar.Nama aljabar diambil dari bukunya yg bejudul al-jabr wa al-muqabbilah.

Pengetahuanya mengenai aritmatika Yunani dan Hindu juga menambah kotribusinya terhadap ilmu pengetahuan dan matematika. Kemudian,ia menjelaskan manfaat angka nol,angka penting yang dikembangkan bangsa Arab.Demikian pula,ia mengembangkan system decimal, hingga system angka keseluruhan, `algorithm`/ `algorizm`diambil dari namanya.Kemmudian Ia mengembangkan table trigonometri secara rinci yang berisi fungsi-fungsi sinus, lalu disimpulkan menjadi fungsi tangent oleh Maslama.

Pengaruh Khawarizmi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan matemmatika ,astronomi, geografi pada khususnya telah tercatat dalam sejarah.Beberapa bukunya dierjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan menjadi buku teks universtas abad 16.Pendekatan yang digunakanya sangat sistematis dan logis.Tidak heran, jika ia dihormati selama berabad-abad semenjak saat itu.

Iklan